Jumat, 28 Oktober 2016

Bikin Suasana PAUD Serasa di Rumah Sendiri

Jadikan PAUD tempat bermain anak-anak yang menyenangkan sehingga bakat anak bisa makin berkembang. Demikian dinyatakan Anik Murdaningsih, Ketua Pengurus Pos PAUD Mawar, Dusun Ngepung Karanganyar Kecamatan Weru Sukoharjo. "Buat mereka seakan berada dirumah dan betah bermain di PAUD. Ini yang dibagikan bapak yang dari YSKK Insya Allah membantu kita mengembangkan PAUD semakin baik" tambah Anik pada acara Parenting Education yang diadakan di POS PAUD Mawar, Kamis 27 Oktober 2016 diikuti oleh 11 orang tua siswa.

Pertemuan PE hari itu memang dimaksudkan untuk menggalang dukungan orang tua dalam mengimplementasikan PAUD Ramah Anak. PAUD Mawar merupakan salah satu PAUD dampingan Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) yang berkomitmen mewujudkan layanan yang ramah anak. Ditambahkan oleh Anik, PAUD tersebut memang satu-satunya POS PAUD yang diinisiasi oleh PKK dan kini sedang diarahkan naik menjadi BKB.

Sementara itu Nino Histiraludin sebagai pendamping dalam sessi sebelumnya menjabarkan pentingnya PAUD Ramah Anak. "Program PAUD Ramah Anak itu tidak hanya membuat anak merasa senang di tempat pembelajaran namun otaknya mampu berkembang optimal. Program PAUD Ramah Anak ini mensyaratkan pada 3 elemen yaitu sikap pendidik, pembelajaran dan lingkungan sekolah yang ramah anak" ujar Nino.

Untuk pengurus dan pendidik sudah berkomitmen mewujudkan PAUD Mawar yang ramah anak. Sedang orang tua dimintai komitmen mendukung program PAUD Ramah Anak dengan menandatangani surat pernyataan. Dukungan itu berupa 1) menjaga kebersihan lingkungan 2) menyediakan makanan sehat untuk anak, 3) berbicara santun, 4) berperilaku sopan, 4) tidak melakukan tindak kekerasan terhadap anak.

Pendidik membagikan surat pernyataan serta lampiran PAUD Ramah Anak dari aspek pendidik dan pembelajaran kepada orang tua siswa untuk ditandatangani. Meski belum semua menandatangani surat pernyataan tersebut, sebagian besar sudah menyerahkan ke sekolah. Memang hari itu tidak semua orang tua siswa hadir dikarenakan musim panen sehingga orang tua pergi ke ladang.

Bunda Is, salah satu pendidik mengungkapkan Program PAUD Ramah Anak sangat bagus bukan hanya bagi anak namun juga bagi pendidik. "Karena kita dalam memperlakukan anak harus hati-hati dan memang semestinya begitu. Seberat apapun persoalan kita (pendidik) harus sanggup kita atasi dan tidak boleh dibawa ke depan anak-anak. Kami sudah berkomitmen begitu. Ini demi kita semua tidak hanya demi saya" ungkap Bunda Is.

Anik mengakui infrastruktur di PAUD Mawar memang belum memadai dan desa sudah berkomitmen membantu. Hanya saja dalam RPJMDes ada skala prioritas program mana saja yang harus lebih dulu dituntaskan. "Misal soal infrastruktur jalan, mengatasi problem limbah tahu dan berbagai masalah lain. Ini yang kita hadapi bunda. Doakan saja semoga desa bisa segera merealisasikan membantu PAUD kita karena kalau soal tanah, desa sudah menyediakan tanah kas desa" ujar Anik yang juga istri Kepala Desa Karanganyar.

0 komentar:

Posting Komentar